Terbaru

BNN panggil penerbit LKS kelas 5 SD bermuatan ganja dan kokain

Dinas Pendidikan Kota Tangsel menarik buku lembaran kerja siswa (LKS) yang berisi tentang narkoba | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta


Kita tidak pernah memerintahkan sekolah untuk membeli buku paket LKS, begitu pun UPT," ucapnya.

Meski demikian dia tidak memungkiri penyebaran buku LKS itu tidak diawasi. Pihaknya juga belum ada rencana untuk memberikan langkah hukum terkait persoalan tersebut.

"Buku ini di luar kewenangan kita. Ada oknum yang memanfaatkan situasi ini," terangnya.

Sementara Kepala BNN kota Tangsel AKBP Heri Istu mengaku kalimat yang terdapat di buku LKS mengandung unsur narkoba yang diajarkan kepada anak sekolahan.

"Mungkin ada kesalahan dari penerbitnya. Kita akan panggil penerbitnya. Apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian," tegasnya.

Dinas Pendidikan Kota Tangsel menarik buku lembaran kerja siswa (LKS) yang berisi tentang narkoba. Dalam buku LKS tingkat siswa SD studi IPA kelas 5 SD yang di dalamnya tertulis kokain serta ganja sebagai jamu dan obat-obatan.

"Sudah kita tarik semua buku LKS," tegas Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Mathodah saat berada di di SMAN 2 Kota Tangsel, Setu, Rabu (25/10).

Dari hasil investigasi Dinas Pendidikan, buku LKS yang diterbitkan penerbit Bina Ilmu itu sudah tersebar di 26 SDN di Ciputat dan enam SDN di Pondok Aren. "Kepala SDN sudah kita panggil untuk klarifikasi persoalan itu," katanya.

Berdasarkan pengakuan kepala SDN, buku tersebut satu paketnya dijual Rp 80 ribu. Satu paket buku LKS terdapat sebanyak 10 mata pelajaran.


Di Buku Pelajaran SD ini Menyebutkan Kokain dan Ganja Sebagai Jamu dan Obat-obatan | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta


PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta


Pada halaman 29 di dalam LKS ini terdapat kalimat tentang pemanfaatan kokain dan ganja sebagai obat - obatan.
"Buku itu harus dibeli, harganya Rp. 80.000 untuk 10 LKS," ucapnya.

Saat dimintai keterangan, pihak sekolah enggan memberikan banyak komentar terkait permasalahan ini.
Bahkan para guru, wali kelas, serta kepala sekolah tampak menghindar ketika dikonfirmasi perihal buku tersebut.

"Sudah lama buku itu ada di sekolah ini," ungkap satu dari guru yang ingin identitasnya dirahasiakan.Ia juga menambahkan, LKS tersebut tak hanya beredar di SDN kawasan Ciputat saja.

Masyarakat digegerkan dengan buku siswa SD di Tangerang Selatan yang terdapat konten narkoba.

Pada Lembar Kerja Siswa (LKS) studi IPA kelas 5 SD, di dalamnya tertulis bahwa kokain serta ganja sebagai jamu dan obat - obatan.
Hal ini membuat cemas para wali murid. Nadia (30) satu dari wali murid mengungkapkan keresahannya itu.

"Kasihan lah anak - anak dari kecil sudah dicekoki buku semacam ini," ujar Nadia sebagai tante yang keponakannya duduk di bangku kelas 5 SD di Tangerang Selatan pada Rabu (26/10).

Buku tersebut beredar di SDN Serua 01, Jalan Suka Mulya No. 47, Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan.

Buku ini harus ditarik dari peredaran, karena tidak tepat dan meresahkan," katanya.

Rencananya pada Rabu (26/10) ini jajaran Dinas Pendidikan akan memberikan keterangan perihal LKS tersebut.

Dinas Pendidikan bersama BNN Tangerang Selatan, dan Polres Tangerang Selatan berkoordinasi guna menindak lanjuti peredaran buku pelajaran anak SD yang mengandung konten legalisasi narkotika.

Tapi juga di seluruh sekolah yang berada di Tangerang Selatan.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyatakan pihaknya akan bertindak tegas terhadap persoalan ini.

Ia memerintahkan Dinas Pendidikan untuk segera menarik buku itu dari peredaran.

Warga Tangsel heboh, ada LKS sebut ganja dan kokain sebagai jamu | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Yogyakarta



Buku tersebut beredar di SDN Serua 01, Jalan Suka Mulya No. 47, Serua Indah, Ciputat, Tangsel. Pada halaman 29 di dalam LKS ini terdapat kalimat tentang pemanfaatan kokain dan ganja sebagai obat-obatan.

"Buku itu harus dibeli, harganya Rp 80.000 untuk 10 LKS," ucapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menyatakan pihaknya akan bertindak tegas terhadap persoalan ini. Dia memerintahkan Dinas Pendidikan untuk segera menarik buku itu dari peredaran.

Sejumlah orangtua siswa dasar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dihebohkan dengan beredarnya buku Lembar Kerja Siswa (LKS) tingkat siswa SD studi IPA kelas 5 SD. Buku ini menulis bahwa kokain serta ganja sebagai jamu dan obat-obatan.

Kemunculan kalimat ini membuat sejumlah orangtua khawatir. Apalagi, ganja dan kokain selama ini dikenal sebagai zat adiktif dan dilarang peredarannya.

"Masak anak kecil sudah dicekoki buku semacam ini," keluh salah satu orangtua murid, Lisa Rahman, Rabu (26/10).




0 Response to "BNN panggil penerbit LKS kelas 5 SD bermuatan ganja dan kokain"