Terbaru

Ledakan pasar kembang api besar-besaran membunuh setidaknya 29 di Meksiko

Sebuah ledakan reaksi berantai yang kuat merobek pasar kembang api paling terkenal Meksiko di pinggiran utara ibukota hari Selasa, menewaskan sedikitnya 29 orang, melukai puluhan lainnya dan mengirimkan segumpal besar asap abu-abu arang mengepul ke langit.

Ledakan itu meratakan terbuka San Pablito Market di Tultepec di tengah sore hari karena disibukkan pembeli stok di kembang api untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, mengurangi berdiri vendor 'untuk tumpukan puing-puing, abu, dan logam hangus. Itu adalah ledakan dahsyat ketiga dan api untuk merusak pasar sejak tahun 2005.

Crescencia Francisco Garcia mengatakan dia di tengah-tengah grid dari warung bersama dengan beberapa ratus orang lain ketika ledakan menggelegar mulai. Dia membeku, refleks menatap langit dan kemudian melepas berjalan melalui asap setelah dia menyadari semua orang melakukannya. Saat ia berlari ia melihat orang-orang dengan luka bakar dan luka, dan banyak darah.

"Semuanya terbakar. Semuanya meledak," kata Francisco. "Batu-batu terbang, potongan-potongan batu bata, semuanya terbang."

Dalam komentar yang disiarkan di berita TV lokal, Mexico State Gubernur Eruviel Avila melaporkan Selasa malam bahwa selain 26 orang yang tewas di pasar, tiga korban meninggal setelah dibawa ke rumah sakit. Menteri Kesehatan negara Cesar Nomar Gomez Monge mengatakan 72 orang dirawat karena luka termasuk luka bakar yang parah, dalam beberapa kasus lebih dari 90 persen dari tubuh mereka. Mereka dirawat di rumah sakit termasuk 10 anak-anak.

Pihak berwenang belum mengatakan apa yang mungkin telah menyebabkan ledakan tapi mengumumkan bahwa penyelidikan telah dibuka.

"Kami akan mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab," kata Avila.

Sirene meraung dan aroma berat mesiu berlama-lama di udara baik setelah ledakan di pasar, di mana sebagian besar kios hancur. merokok, terbakar kerang kendaraan cincin perimeter, dan responden pertama dan warga setempat memakai masker biru di atas mulut mereka menyisir abu dan puing-puing. Petugas pemadam kebakaran disemprot hotspot masih membara.

Tultepec Walikota Armando Portuguez Fuentes mengatakan pasar penuh baik terutama karena permintaan petasan berisik dan roket melonjak sepanjang tahun ini.

"Kami jelas di musim yang tinggi," kata Portuguez. "Ada lebih produk dari biasanya karena kita beberapa hari jauh dari Natal, beberapa hari jauh dari Tahun Baru, dan mereka adalah hari-hari ketika produk dibuat di sini dikonsumsi paling."

Cesar Ornelas dari Atizapan de Zaragoza hanya 10 menit ke belanja dengan anaknya dan ayahnya ketika ia mendengar ledakan pertama. Dia mencoba lari, tapi sesuatu yang menjatuhkannya ke tanah dari belakang. Dia mencoba beberapa kali untuk bangun, tidak berhasil, dan akhirnya anaknya 15 tahun Francisco harus menyeret dia keluar.

"Kami tidak melihat ke belakang," kata Ornelas, yang mengalami luka bakar ringan dan memar besar atas ginjal kirinya. tank top putih memiliki tinju ukuran luka bakar di dada. "Kami mendengar bagaimana ledakan itu jenis pergi sedikit demi sedikit."

Hampir empat jam kemudian, ia dan Francisco tertatih-tatih hati-hati keluar dari area pasar. Francisco mengatakan paramedis mengatakan kepadanya kakinya kemungkinan retak oleh puing-puing terbang. Ornelas kata ayah 67 tahun lamanya, Ernesto, telah berjalan dalam arah yang berbeda dan mencari perlindungan di rumah terdekat. Semua pakaian ayah dibakar, dan wajah dan lengannya yang berdarah. Ambulans telah bersemangat dia ke rumah sakit, tapi Ornelas tidak yakin di mana itu atau seberapa serius luka-lukanya.

"Saya bela sungkawa kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan ini dan keinginan saya untuk pemulihan cepat untuk cedera," kata Presiden Enrique Pena Nieto via Twitter.

Api yang sama melanda San Pablito Pasar pada tahun 2005, menyentuh off rantai ledakan yang meratakan ratusan kios hanya menjelang Hari Kemerdekaan Meksiko. Setahun kemudian kejadian serupa di pasar yang sama juga menghancurkan ratusan berdiri.

Portuguez, walikota Tultepec, mengatakan pembuatan dan penjualan kembang api adalah bagian penting dari ekonomi lokal. Dia menambahkan bahwa itu diatur oleh hukum dan di bawah "pengawasan konstan" dari Departemen Pertahanan, yang mengawasi senjata api dan bahan peledak.

"Ini adalah bagian dari aktivitas kota kami. Ini adalah apa yang memberi kita identitas," kata Portuguez. "Kami tahu itu berisiko tinggi, kami menyesal ini sangat, tapi mata pencaharian sayangnya banyak orang bergantung pada kegiatan ini."

PT Kontak Perkasa

0 Response to "Ledakan pasar kembang api besar-besaran membunuh setidaknya 29 di Meksiko"