Terbaru

Kesbanglinmas Nunukan Gelar Nonton Bareng Film "G30S/PKI

Film "G30S/PKI" | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung


Selain memutar film "G30S/PKI", Kesbanglinmaspol Kabupaten Nunukan rencananya juga melakukan nonton bareng film-film tentang perjuangan para pahlawan.

Terlepas dari kontroversi di masyarakat terkait film "G30S/PKI", Firnanda menyatakan, lebih penting mengingatkan generasi muda bahwa peristiwa pemberontakan komunis pernah terjadi di Indonesia.

“Itu pernah dilalui oleh bangsa Indonesia. Terlepas misinya apa dengan adanya yang ingin ditonjolkan atau apa itu, kita tidak sampai ke sana. Yang jelas bahwa paham ini pernah ada di Indonesia," ujar Firnanda.

Meski mengetahui adanya peristiwa pemberontakan PKI tahun 1965 melalaui pelajaran sejarah, namun melalui media film menurutnya lebih mempermudah generasi muda mengingat kembali perjuangan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Menurutnya, kegiatan nonton bareng film perjuangan sangat membantu generasi muda memahami perjalanan sejarah bangsa ini.

"Kita jadi tahu betapa sulitnya pahlawan dahulu itu mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kita jadi menghargai jasa mereka,” ujarnya.

Generasia muda juga harus memahami bahwa paham komunisme telah menyusup melalui kecanggihan teknologi untuk mempengaruhi pola pikir generasi muda saat ini.

"Kondisi zaman kan beda, kalau dulu mungkin kepada kontak fisik kontak apa, kalau saat ini mungkin lebih cenderung ke pola pikir,“ ujarnya, Jumat (30/9/20160).

Murni, salah satu pelajar SMKN Nunukan yang ikut menyaksikan pemutaran film tesebut, mengaku baru sekali ini melihat film terkait pemberontakan PKI di Indonesia.

Terdengar suara dentuman cukup keras dari salon audio di salah satu ruang di kantor Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Politik Kesbanglinmaspol Kabupaten Nunukan.

Rupanya ruangan yang biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan disulap menjadi gedung "bioskop". Jumat (30/9/2016) hari ini, Kesbanglinmaspol Kabupaten Nunukan mengajak warga nonton bareng film "G30S/PKI".

Sekretaris Kesabanglinmaspol Kabupaten Nunukan, Firnanda mengatakan, tujuan mengajak warga nonton bareng film "G30S/PKI" adalah mengingatkan kepada generasi muda bahwa paham komunisme dahulu tumbuh subur di Indonesia.
Sehingga generasi muda saat ini tahu sejarah yang melatarbelakangi lahirnya Hari Kesaktian Pancasila.

Belajar Sejarah Cara Mahasiswa Maknai G30S PKI | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung

Bagi Andre, belajar sejarah sendiri mampu memperluas wawasannya. Meski tak mendalam belajar mengenai sejarah, fakta-fakta di balik suatu peristiwa cukup membuatnya penasaran.

 "Cari fakta sejarah pasti banyak sumber, dan sudut pandangnya juga berbeda-beda. Baca-baca sejarah kalau aku untuk memperluas wawasan saja," pungkasnya.

Mahasiswa Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) itu menyebut, peristiwa G30S PKI yang cukup kontroversial membuat sejarahnya tidak dijelaskan secara detail. 

Andre pun punya pandangan sendiri atas kondisi tersebut. "Semua sejarah itu tidak ada yang benar dan tidak ada pula yang salah, karena semua sejarah muncul melalui proses pada masa itu. Kita cuma tahu dari buku sejarah, tanpa mengetahui sumber yang dibaca itu masuk yang pro atau kontra," paparnya.

Yang aku tahu G30S PKI merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia. Saat itu terjadi pemberontakan PKI dengan menculik beberapa petinggi TNI AD pada zamannya," ujarnya kepada Okezone, Jumat (30/9/2016).

Setiap 30 September Indonesia memperingati peristiwa G30S PKI. Meski merupakan salah satu sejarah kelam di Tanah Air, peristiwa tersebut selayaknya tidak dilupakan, terutama bagi generasi muda. Seorang mahasiswa bernama Andrean mengetahui peristiwa G30S PKI dari sekolah dalam mata pelajaran sejarah. 

Menurut dia, memaknai peringatan G30S PKI tak harus dengan perayaan khusus, melainkan cukup dengan mengingat dan mengetahui peristiwanya.

Mari Nonton Streaming Film G30S PKI di Sini | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bandung

Ini adalah tontonan ditunggu di TVRI saat itu. Jika Anda penasaran dengan filmnya, saat ini bisa menyaksikan lewat streaming Youtube. Film kategori Remaja ini sudah dinyatakan lulus sensor.

Hari ini dikenal sebagai hari berdarah bagi beberapa petinggi TNI kala itu. Sejumlah jenderal meninggal dan dikubur di Lubang Buaya. Para Jenderal ini mendapat penghormatan sebagai Pahlawan Revolusi. Tahun-tahun setelah Orde Lama, film tentang gerakan itu di siarkan.

Tahukah Anda bahwa hari ini adalah peringatan bersejarah tentang G30S PKI. Atau biasa diperpanjang dengan Gerakan 30 September.



Kontak Perkasa Futures

0 Response to "Kesbanglinmas Nunukan Gelar Nonton Bareng Film "G30S/PKI"