Terbaru

Leonard Cohen, Penyanyi Legendaris 'Hallelujah' Tutup Usia

Leonard Cohen telah meninggal dunia | PT. Kontak Perkasa Futures


PT. Kontak Perkasa Futures


Di luar itu, salah satu lagunya yang kemudian menanjak terkenal yakni 'Hallelujah' yang direkam untuk Various Positions. Lagu tersebut kemudian dinyanyikan lagi oleh John Cale pada 1991, dan Jeff Buckley pada 1994 yang kemudian menjadi hit.

Tentang lagu ini, Cohen pernah mengatakan bahwa ia sangat menyukainya, karena ia berusaha menuliskan dengan baik.

"Lagu itu keluar pada 1983-84, dan salah seorang yang mengenal lagu tersebut adalah Dylan," tuturnya.

Lagu Hallelujah kemudian juga dinyanyikan lagi oleh Rufus Wainwright, Bob Dylan, k.d Lang, Bon Jovi dan sejumlah kontestan American Idol.

Beberapa penyanyi juga kemudian menyanyikan lagu karyanya, seperti Suzanne yang dibawakan oleh Nina Simone, Roberta Flack dan Collins. Lagu lain karyanya Bird on a Wire, dinyanyikan Joe Cocker, Johnny Cash, Soul Asylum dan Katey Sagal.

Lahir pada 1934 di Quebec, Cohen pertama kali menulis sajak pada usia remaja, dan menerbitkan Let Us Compare Mythologies pada 1951 yang membuatnya meraih sejumlah pernghargaan.

Ia sempat terhenti berkarya hingga 1966, dan kemudian pindah ke New York City dan bertemu pencari bakat dari Columbia Records, John Hammond. Orang yang sama yang menjadi eksekutif yang menggawangi Bruce Springsteen.

Karya Cohen, berjudul Dress Rehearsal Rag dan Suzanne dinyanyikan Judy Collins untuk albumnya In My LIfe, yang menandai karya Cohen yang paling populer.

Album pertama Cohen, Songs of Leonard Cohen, keluar pada 1967 dan sukses secara komersil pada 1969, dengan lagu andalannya Songs From a Room.

Lagu Songs of Love and Hate pada 1971 menjadikan nama Cohen makin populer.

Beberapa pekan sebelum meninggal, Cohen telah memberi tanda-tanda, ketika melakukan wawancara dengan New Yorker.

Pada editor David Remnick, ia mengatakan, "Saya sudah bersiap untuk meninggal dunia. Saya harap itu kabar yang tak begitu menggembirakan," ujarnya saat itu, seperti dilansir dari Entertainment Weekly.

Cohen juga sebelumnya baru merilis abum ke-14, berjudul You Want It Darker, yang di dalam salah satu lagunya ia menulis,"Saya telah siap, Tuhan."

Leonard Cohen, penyanyi dan penulis lagu legendaris asal Kanada, yang terkenal lewat lagu 'Hallelujah', 'Sisters of Mercy', dan 'Suzanne' tutup usia. Ia meninggal dunia di usia 82 tahun.

Kabar kematian penyanyi tersebut diumumkan pada Kamis malam (waktu setempat) lewat laman Facebook.

"Sebuah kabar duka akan musisi, penulis lagu legendaris, Leonard Cohen telah meninggal dunia," ungkap postingan di media sosial tersebut.

'Kita telah kehilangan satu lagi tokoh penting di industri musik. Prosesi pemakaman akan berlangsung di Los Angeles beberapa hari mendatang. Keluarga meminta diberi ruang pribadi selama masa berkabung."

Musisi Legendaris Leonard Cohen Tutup Usia | PT. Kontak Perkasa Futures

PT. Kontak Perkasa Futures

"Aku banyak mendengarkan album-albumnya. Sangat indah namun mencekam, tajam, dan penuh haru biru. Aku sangat senang dengan karya-karyanya. Keberadaan dia, pasti akan sangat dirindukan," ujar pemilik akun Facebook Sara Starr.

"Sedih, membaca kabar ini. 

Beristirahatlah dengan damai, kau akan selalu hidup di hatiku," tulis netizen lainnya, Cindy Park-Lashta.

Sebelumnya, Leonard Cohen baru saja merilis album ke-14 berjudul You Want It Darker pada 21 Oktober 2016. Dalam salah satu lagunya, ia menulis kalimat "Aku telah siap, Tuhan", yang disebut banyak orang sebagai salah satu firasat kepergiannya.

Diiringi rasa duka cita yang mendalam, kami melaporkan bahwa penyair, penulis lagu, serta artis Leonard Cohen telah meninggal. Kami telah kehilangan salah satu sosok visioner yang paling dihormati dan produktif. 

Sebuah peringatan mengenang sosok Leonard Cohen, akan berlangsung di Los Angels dalam beberapa hari ke depan. Dalam masa duka saat ini, keluarga meminta waktu privasinya telebih dahulu," tulis pihak Sony Music Kanada, di laman Facebook resmi Cohen.

Sejumlah netizen yang mayoritas merupakan penggemarnya, beramai-ramai menyampaikan rasa bela sungkawa terhadap penyanyi lagu "Hallelujah" tersebut. Ucapan duka cita itu, terlihat memenuhi kolom komen.

Musisi legendaris asal Kanada, Leonard Cohen, meninggal dunia di usia 82 tahun. Informasi tersebut telah dipastikan kebenarannya, setelah label yang menangani Cohen, Sony Music Canada, pada laman resmi Facebook milik penyanyi sekaligus penulis lagu tersebut. Belum diketahui secara pasti, apa penyebab kematian Cohen.


Dunia Musik Berduka, Leonard Cohen Tutup Usia di Umur 82 Tahun | PT. Kontak Perkasa Futures


PT. Kontak Perkasa Futures


Manajer sekaligus teman dari Leonard, Robert Kory dalam sebuah pernyataan mengatakan, dia bangga telah bekerja dengan Leonard karena bagi robert sosok leonard adalah seniman yang sangat istimewa.

"Kreativitasnya tak tertandingi, wawasan dan kejujurannya meluluhkan. Leonard Cohen adalah seorang visioner sejati yang suaranya akan sangat dirindukan," kata Robert.

"Saya diberkati untuk memanggilnya teman, dan bagi saya dapat bekerja dengan semangat artistiknya yang berani,adalah hadiah paling besar bagi saya. Dia meninggalkan warisan karya yang akan membawa wawasan, inspirasi dan penyembuhan bagi generasi yang akan datang," tambahnya.

Sebagai info, Leonard Cohen disebut sebagai salah satu musisi paling berpengaruh terhadap perkembangan musik dunia. Leonard juga mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai ajang musik dunia, salah satunya beliau mendapatkan penghargaan Rock & Roll Hall of Fame yang merupakan penghargaan terbesar bagi musisi dunia.

Dalam pernyataaan tersebut juga dikatakan bahwa pihak keluarga Leonard meminta para fans  untuk memberi privasi kepada keluarga untuk berkabung.

"Kami telah kehilangan salah satu musisi visioner yang paling dihormati dan produktif. Sebuah peringatan akan berlangsung di Los Angeles di esok hari. Keluarga meminta privasi selama waktu mereka kesedihan," tambah pernyataan.

Namum, pihak Sony Music belum memberitahukan penyebab kematian dan tanggal pasti kematian Leonard.

Leonard Cohen, seorang penyanyi legendaris, penyair dan penulis lagu yang telah berkarya selama lima dekade, diberitakan telah tutup usia. Leonard meninggal pada usia 82 tahun.

Sony Music Kanada selaku label menejemen Leonard telah mengkonfirmasi kematiannya pada halaman Facebook penyanyi asal Kanada tersebut.

"Dengan rasa duka yang dalam kami melaporkan bahwa penyair legendaris, penulis lagu dan artis, Leonard Cohen telah meninggal," kata pernyataan itu, melansir  RollingStone, Jumat (11/11/2016).



0 Response to "Leonard Cohen, Penyanyi Legendaris 'Hallelujah' Tutup Usia"