Terbaru

Trump merekrut penasihat kontroversial untuk membantu perdagangan, strategi regulasi bentuk pemerintahan


Presiden terpilih Donald Trump, Rabu bernama investor miliarder Carl Icahn dan vokal China kritikus Peter Navarro sebagai tingkat tinggi Gedung Putih penasihat, bersandar pada tokoh kontroversial dari kampanyenya untuk membantu membentuk agenda ekonominya.

Trump mengumumkan bahwa Navarro akan memimpin National Trade Council, sebuah kelompok yang baru dibuat dalam Gedung Putih bahwa tim transisi Trump mengatakan akan setara dengan peran historis yang kuat dari Dewan Keamanan Nasional dan Dewan Ekonomi Nasional. Navarro, seorang profesor bisnis di University of California di Irvine yang telah menjadi kritikus yang tajam globalisasi dan perdagangan dengan China, akan membantu strategi set dalam negosiasi perdagangan, mengatasi penurunan pekerjaan manufaktur dan melaksanakan janji Trump untuk "Buy American, menyewa Amerika . "

Navarro bekerja sama dengan sekretaris perdagangan nominee dan miliarder industrialis Wilbur Ross selama kampanye, membantu untuk kerajinan pendekatan garis keras pada perdagangan yang mendorong Trump untuk kemenangan. Proposal termasuk merobek lama perjanjian dengan Meksiko, menampar tarif dua digit pada impor dari Cina dan menghukum perusahaan yang outsourcing pekerjaan manufaktur.

Setelah pemilu, komentar dari beberapa penasihat Trump - serta presiden-terpilih sendiri - telah muncul untuk menunjukkan bahwa ia mungkin sedang sikapnya. Tapi peran baru yang menonjol Navarro bisa menyarankan Trump siap untuk menindaklanjuti beberapa retorikanya terberat mengenai perdagangan bebas selama kampanye. Trump belum menunjuk seorang wakil perdagangan AS, secara tradisional orang titik dalam pemerintahan untuk kebijakan tersebut.

sikap proteksionis Trump telah menarik kontras dengan ortodoksi Republik, yang secara historis didukung perdagangan terbuka. Bahkan beberapa penasihat kampanye Trump - termasuk Larry Kudlow, pick potensial untuk memimpin Dewan Penasihat Ekonomi - berlangganan pandangan yang lebih tradisional GOP.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Trump mengatakan telah dipengaruhi oleh pekerjaan Navarro selama bertahun-tahun.

"Dia telah jeli mendokumentasikan bahaya yang ditimbulkan oleh globalisasi pada pekerja Amerika, dan ditata jalan ke depan untuk mengembalikan kelas menengah kita," katanya.

Navarro menulis beberapa buku menyalahkan China untuk lekukan keluar dari kelas menengah Amerika dan memproduksi sebuah film dokumenter yang disebut "Death By China" yang diriwayatkan oleh aktor Martin Sheen. Para ekonom telah memperingatkan bahwa menerapkan kebijakan Trump bisa memicu perang dagang itu akan melemahkan pemulihan Amerika - bahkan mungkin melemparkan bangsa ke dalam resesi.

PT Kontak Perkasa Futures

0 Response to "Trump merekrut penasihat kontroversial untuk membantu perdagangan, strategi regulasi bentuk pemerintahan"