Terbaru

Dipanggil KPAI, Anya Geraldine Minta Maaf Soal Video Mesranya

Anya Geraldine dipanggil terkait video mesranya yang dia unggah di youtube | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

"Kami siap bekerjasama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Ke depan kami akan mengupload yang positif dan mengupload yang baik," tegasnya.

Anya Geraldine, dalam salah satu videonya memposting kegiatan bersama kekasihnya bernama Okky Raditya, mulai dari memberikan kejutan saat ulang tahun dengan berduaan di kamar hingga berlibur bersama ke Bali, dan menyewa villa dan hotel mewah. Anya tidak sungkan-sungkan mengunggah video-video super mesra bersama kekasihnya, mulai dari berpelukan di pantai, berendam berdua di jacuzzi dan sebagainya.

Setelah pertemuan, Anya Geraldine mengakui bersalah pernah mengupload video mesra ke akun youtubenya. Namun, Anya Geraldine menegaskan, yang mengunggah video mesra bukanlah dirinya. Video itu pun saat ini telah dihapus.

"Kedatangan kami dalam memenuhi undagan KPAI terkait konten yang diatur. Kami mengakui melakukan kelalaian, video yang berdurasi 5 menit 14 detik, kami sudah menghapus. Mungkin video itu diupload orang yang tidak bertanggung jawab," ucap Anya Geraldine.

Hari ini KPAI menindaklanjuti aduan masyarakat yang dinilai melanggar keasusialaan dan hak anak untuk mendapatkan informasi sebagaimana dimaksud dalam UU," kata Ketua KPAI Asrorun Niam.

Sesampainya di kantor KPAI, Anya Geraldine langsung masuk ke ruang rapat. Di sana dia mengikuti pertemuan tertutup hingga pukul 13.00 WIB.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil Anya Geraldine, remaja yang tenar di media sosial. Anya Geraldine dipanggil terkait video mesranya yang dia unggah di youtube.

Anya Geraldine tiba di kantor KPAI, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2016) pukul 10.00 WIB. Saat datang Anya didampingi sang kekasih Okky Raditya dan tim kuasa hukumnya.

Anya Geraldine menyesal unggah konten negatif | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

Anya melalui kuasa hukumnya mengakui melakukan kelalaian dalam melakukan pertimbangan sebelum mengunggah video yang berdurasi kurang lebih 5 menit 14 detik di YouTube, kemudian video tersebut didownload oleh orang lain yang kurang bertanggung jawab dan diupload kembali sehingga tersebar luas. 

Anya sendiri sudah menurunkan konten video tersebut. Saat ini Anya bersedia bekerja sama dengan KPAI dan lembaga-lembaga terkait untuk memberi edukasi kepada masyarakat khususnya pengguna sosial media terkait konten negatif.

"Tentu KPAI memberikan apresiasi, tidak ada orang yang sempurna, tetapi kemudian ada komitmen untuk memperbaiki," ujar Asrorun.

Anya memenuhi undangan KPAI untuk memberikan klarifikasi terkait dengan isu-isu yang beredar terkait dengan video yang mengandung konten-konten dewasa dan konten-konten pornografi. 

Kejadian ini ada hikmahnya, aku belajar dari situ untuk kedepannya pasti bakal lebih positif lagi dan enggak bakal mengulangi itu," sambung dia.

Kedatangan Anya ke KPAI, menurut Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh, untuk berdiskusi mengenai motif, tanggung jawab sosial dan tanggung jawab hukum. Tak hanya secara lisan, Anya Geraldine juga menyampaikan permintaan maaf secara tertulis.

Anya yang datang ke KPAI ditemani kekasihnya, Okky dan didampingi kuasa hukumnya juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi, dan akan mengunggah konten yang lebih positif.

"Aku kedepannya juga pasti akan mem-posting sesuatu yang  positif yang kalau sekiranya enggak enak dilihat oleh masyarakat," kata Anya.

Selebgram Nur Amalina Hayati atau yang lebih dikenal dengan nama Anya Geraldine mengaku menyesal telah mengunggah konten yang dinilai melanggar kesusilaan pada akun YouTube-nya.

"Kalau dibilang nyesel ya pasti nyesel, kalau dibilang kapok juga pasti kapok," ujar dia, di Kantor KPAI Jakarta, Senin.

Anya Geraldine datangi KPAI | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali


PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

Karena faktanya tidak bisa dipungkiri konten sudah dilihat anak-anak, sehingga kami bekerja sama dan berkoordinasi dengan Kominfo untuk melakukan pemblokiran dan take down," ujar Maria Advianti, komisioner KPAI bidang perlindungan anak.

"Anya sudah menurunkan kontennya, tapi konten Anya sudah banyak diupload. Ini akan menjadi kerja berat Kominfo," tambah dia.

Anya datang dengan mengenakan baju biru tua dipadukan celana hitam. Pada kesempatan tersebut, ia mengaku menyesal.

"Intinya ada kesadaran bahwa ada beberapa konten yang diunggah ke media sosial melanggar hukum, melanggar kesusilaan. Karenya atas hal tersebut yang bersangkutan menyatakan maaf dan komitmen untuk tidak mengulangi," ujar Asrorun.

"Serta komitmen bersama untuk mewujudkan konten-konten positif dan edukatif di media sosial," sambung dia.

Menyikapi hal tersebut, KPAI juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Alhamdulillah pada kesempatan hari ini mbak Anya bersama tim kuasa hukum datang ke KPAI untuk memenuhi undangan guna kepentingan klarifikasi serta diskusi," kata Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh, di kantor KPAI Jakarta, Senin.

Sebelum diskusi panjang dilakukan, Asrorun mengatakan, dari pihak Anya dan kuasa hukum telah menyampaikan beberapa poin klarifikasi yang dituangkan dalam tiga halaman.

Menindaklanjuti aduan masyarakat terkait dengan konten-konten yang dinilai melanggar kesusilaan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengundang selebgram Anya Geraldine.

Perempuan yang memiliki nama asli Nur Amalina Hayati itu datang ke KPAI bersama kekasihnya, Okky dan didampingi kuasa hukumnya.






0 Response to "Dipanggil KPAI, Anya Geraldine Minta Maaf Soal Video Mesranya"