Terbaru

Anies dan Sandiaga Beradu Mannequin Challenge, Siapa yang Paling Keren?

Mannequin challenge saat ini sedang digandrungi di berbagai belahan dunia | PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures

Video mannequin challenge atau tantangan manekin belakangan viral di media sosial. Tantangan ini sederhana, orang-orang di dalam video hanya perlu mematung seperti manekin seakan-akan sedang mengerjakan sesuatu. Jadi ketika video direkam, kesannya seperti kehidupan tengah dihentikan sesaat.

Lantas menurut Anda, mannequin challenge siapa yang paling keren: Anies atau Sandiaga?

Video mannequin challange yang diunggah Anies itu mendapat respons positif dari netizen. Pukul 11.56 WIB ini, video itu sudah dilihat oleh 13 ribu lebih orang. Dalam komentar di video itu, ada juga netizen yang ingin agar Sandiaga melakukan tantangan mannequin challenge ini.

Sandiaga pun menjawab tantangan itu dengan mengunggah video dirinya melakukan mannequin challenge di akun Instagram-nya sandiuno. Video ini pukul 11.56 WIB sudah dilihat oleh 6 ribu lebih netizen.

Mannequin challenge saat ini sedang digandrungi di berbagai belahan dunia. Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan-Sandiaga Uno pun tidak mau ketinggalan. Seperti apa aksi mereka?

Anies mengunggah sebuah video lewat akun Instagram-nya aniesbaswedan seperti dilihat detikcom, Selasa (21/11/2016). Di video itu dirinya dan puluhan orang sedang melakukan mannequin challenge.

"Di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Fun evening with a great team," tulis Anies dalam keterangannya di video tersebut.

Anies dan tim-nya memang melakukan tantangan mannequin challenge itu saat berkunjung menyapa warga di Pulau Tidung. Istri Anies, Fery Farhati Ganis, bahkan turut serta dalam aksi seru-seruan itu.

Tren "Mannequin Challenge" Mendunia dan Lintas Kalangan | PT Kontak Perkasa Futures


PT Kontak Perkasa Futures


Jika ingin mencari inspirasi membuat video Mannequin Challenge yang lebih lengkap, YouTube menghimpun sekitar 1,2 jutaan video dengan embel-embel kata kunci tersebut.

Ketenaran Mannequin Challenge menambah daftar panjang tren media sosial yang mendunia. Sebelumnya sudah ada tren Planking, Gangnam Style, Harlem Shake, Ice Bucket Challenge, Watch Me Whip/Nae Nae, Dab Dance, dan PPAP.

Di Instagram, tagar #mannequinchallenge tersebar di lebih dari 900.000 postingan, sebagaimana dipantau KompasTekno, Selasa (22/11/2016).

Di Indonesia sendiri, tagar #mannequinchallengeindonesia sudah disesaki lebih dari 5.000 postingan. Itu belum ditambah tagar-tagar lainnya seperti #mannequinchallengeid, #mannequinchallengeindo, dan #mannequinchallengeidn. 

Beda halnya dengan kandidat Presiden AS pada Pemilu 2016 dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia sempat melakukan Mannequin Challenge bersama tim kampanyenya di sebuah pesawat. 

Ada yang tampak menyunting kegiatan kampanye itu, menjepret Hillary, mengobrol, melakukan high five, dan lainnya.

Biasanya pose mematung itu menggambarkan kegiatan tertentu. Misalnya pemain bola Christiano Ronaldo yang melakukan Mannequin Challenge bersama tim Portugal di sebuah ruang ganti. 

Maka pose orang-orang di dalamnya ada yang sedang meluruskan kaki, mengambil pakaian ganti, melepas sepatu, menelepon, dan lainnya. Ronaldo sendiri hanya berdiri dengan mengenakan celana dalam putih. Ekspresinya tampak seperti ingin memanggil orang.

 Baru beberapa saat lalu video Pine-Pineapple-Apple-Pie (PPAP) menghebohkan jagat maya, kini tren penggantinya sudah muncul. Disebut Mannequin Challenge, tren tersebut membuat netizen berbondong-bondong mengunggah video bak patung manekin. 

Tren ini mewabah di semua kalangan, mulai dari politikus, artis, pemain bola, hingga masyarakat pada umumnya. Konsep Mannequin Challenge sendiri terbilang sederhana, Anda cukup mengajak teman-teman mematung dengan pose bebas selama lebih kurang 30 detik hingga satu menit.

Lagu yang paling sering dipakai mengiringi Mannequin Challenge adalah Black Beatles yang dinyanyikan Rae Sremmurd. Namun, banyak juga netizen yang memilih menggunakan lagu lain.


Ini Dia Sutradara Video Mannequin Challenge Polres Brebes saat Operasi Zebra Candi 2016 | PT Kontak Perkasa Futures


Dalam pengambilan gambar, ia juga menggunakan drone. Ia berharap cuplikan video viral memberikan manfaat dan pengetahuan tambahan bagaimana tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Kalau masyarakat tertib berlalu lintas, angka kecelakaan lalu lintas juga pasti turun," imbuh dia.

Selain diunggah di akun media sosial Facebook, video itu juga diunggah di akun Instagram, YouTube, dan Twitter milik Satlantas Polres Brebes.

Menurutnya, mobil pikap tidak boleh digunakan untuk mengangkut penumpang, karena melanggar Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang pelanggaran lalu lintas.

"Bagaimana modus-modus pelanggaran tata tertib lalu lintas kami rekayasakan dalam adegan mannequin challange," ujar dia.

Ia menjelaskan, untuk membuat video berdurasi sekitar lima menit itu, membutuhkan waktu tak sampai lima jam. Usai pengambilan video kemudian langsung diedit.

Ia mengatakan dalam pembuatan video itu, Satlantas Polres Brebes juga melibatkan pelajar dan masyarakat umum.

Video itu menampilkan petugas kepolisian melakukan razia dan menindak pengendara yang tidak memakai helm, pelat nomor palsu, pelat nomor yang tidak terpasang dan sejumlah kelengkapan berkendara lainya.

Selain itu, kata dia, video itu juga menampilkan adegan petugas Satlantas menindak tegas mobil pikap yang diketahui mengangkut penumpang orang.

Video Mannequin Challenge saat Operasi Zebra Candi 2016 Satlantas Polres Brebes viral di media sosial. Sudah puluhan ribu orang menonton video yang menampilkan polisi dan pengendara lalu lintas itu mematung.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung, sang sutradara menyatakan video tersebut dibuat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Dengan video itu dalam Operasi Zebra Candi, jajaran Satlantas Polres Brebes mengedepankan langkah preventif dan represif terhadap pelanggar," ucap Arfan pada Senin (21/11/2016).






0 Response to "Anies dan Sandiaga Beradu Mannequin Challenge, Siapa yang Paling Keren?"