Terbaru

Pencipta Gundala Putra Petir Meninggal di Usia 69 Tahun

Dunia seni Yogyakarta dan Indonesia kembali berduka | PT. Kontak Perkasa Futures

PT. Kontak Perkasa Futures

Mengenai masalah usus Hasmi beberapa waktu yang lalu juga pernah dioperasi karena masalah usus buntu.

"Gula juga pernah, kalau yang ini sudah sejak 10 hari yang lalu katanya ususnya lengket," ujarnya.

Jenazah Hasmi rencananya akan disemayamkan dulu selama semalam di rumah duka, pemakaman direncanakan esok di pemakaman seniman Giri Sapto Imogiri.

Hasmi meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Istri dan anak-anaknya yang jagain di sana," ujar Hadi.

Hasmi sendiri sudah 10 hari terakhir ada di RS Bethesda guna menjalani operasi penyakit usus, namun dia mengaku tidak tau jenis penyakit apa yang dideritanya.

Akhir-akhir ini kesehatan Hasmi yang tahun ini berusia 69 tahun itu memang sering menurun dan beberapa kali harus dirawat di rumah sakit, sebelumnya dia juga sempat dirawat di rumah sakit akibat diabetes.

Dunia seni Yogyakarta dan Indonesia kembali berduka, Harya Suraminara atay Hasmi pencipta tokoh komik Gundala Putra Petir meninggal dunia Minggu (6/11/2016).

Mertua Hasmi, Hadi saat ditemui di rumah duka Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta mengatakan dia mendapat kabar sang menantu meninggal dunia sekitar pukul 12.30 WIB di RS Bethesda Yogyakarta.

Hasmi 'Gundala Putra Petir' Dikenal tak Pelit Tularkan Ilmu | PT. Kontak Perkasa Futures

PT. Kontak Perkasa Futures


Sikap Hasmi ini menumbuhkan kepercayaan pada para yunior yang ikut berkolaborasi dengan almarhum. "Kita sangat kehilangan sosok seperti beliau, totalitas dalam berkarya, keterbukaanya untuk sharing ilmu dengan yunior luar biasa patut di contoh," katanya.

Hasmi meninggalkan dua putra dan seorang istri. Usai dari rumah duka RS Bethesda, almarhum akan disemayamkan di rumahnya di Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. Almarhum akan dimakamkan di Makam Seniman Yogyakarta di Imogiri, Bantul atau bersebelahan dengan kompleks Makam Raja-Raja Kasultanan Yogyakarta.

"Saya pernah main bareng almarhum dalam serial berseri Gatotkaca di stasiun televisi pemerintah pada era 2000-an. Almarhum berperan sebagai Sengkuni dan saya sebagai Durno," ujarnya di Yogyakarta, Ahad (6/11).

Sebagai seorang seniman yang sudah cukup senior, Hasmi menurut Khocil sangat terbuka dalam berdialog dengam yuniornya. "Almarhum tidak pelit membagi ilmu di dunia panggung hiburan. Beliau sering memberikan arahan dan diskusi secara terbuka untuk kebaikan peran yang kita mainkan," ujarnya.

Meninggalnya komikus dan seniman kawakan Yogyakarta Harya Suraminata atau terkenal dengan panggilan Hasmi meninggalkan duka di kalangan seniman Yogyakarta dan Indonesia. Menurut Seniman yang juga wartawan senior Yogyakarta, Khochil Bhirawa, sosok Hasmi bukan hanya intensif di dunia komik saja tetapi juga di teater.


Hasmi Ingin Menonton Film 'Gundala' Sebelum Meninggal | PT. Kontak Perkasa Futures

PT. Kontak Perkasa Futures
Seperti diketahui, Hanung menggarap tokoh ciptaan Hasmi, yakni Gundala dan diproduksi menjadi film berjudul sama yakni Gundala Putra Petir. Film tersebut sudah rampung namun belum ditayangkan di bioskop.

Hasmi meninggal akibat penyakit usus yang dideritanya. Komikus kawakan ini dirawat di rumah sakit secara intensif selama 10 hari terakhir sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Kabar meninggalnya komikus Harya Suraminata atau lebih dikenal dengan Hasmi menyiratkan duka mendalam para seniman dan masyarakat Indonesia. Salah satunya disampaikan Hanung Bramantyo melalui akun Twitter-nya. Hanung memasang fotonya saat menjenguk Hasmi di rumah sakit. 

"Pertemuan terakhir dengan Pak Hasmi. Saya pengen nonton Film Gundala sebelum saya meninggal," demikian tulis Hanung.







0 Response to "Pencipta Gundala Putra Petir Meninggal di Usia 69 Tahun"